Proses Produksi Kerajinan Pakai dari Limbah | Tas dari Jeans Bekas dan Perea dengan Teknik Jahit

Proses Produksi Kerajinan Pakai dari Limbah


Untuk membuat kerajinan pakai dari limbah yang layak jual diperlukan kreativitas dan inovasi. Perajin harus memiliki cara untuk menghasilkan kerajinan pakai dari limbah yang berbeda dari lainnya. Agar Anda mendapatkan gambaran tentang proses produksi kerajinan pakai dari limbah, cermatilah artikel berikut.


Bungkus kopi adalah limbah yang tidak berguna dan sering kita temui.
Namun bagi Rosdiana, bungkus kopi yang tidak berguna tersebut, diubah menjadi kerajinan pakai yang berguna dan layak dijual. Rosdiana mendapatkan bungkus kopi dari tetangga dan teman-temannya.

Rosdiana membuat kerajinan tersebut secara otodidak. kegiatan itu selalu dikerjakan setelah pulang sekolah.

Untuk membuat tas dari bungkus 'kopi yang didapat, Rosdiana menggunting bungkus dengan ukuran 4 cm x 8cm.

Kemudian lipat dua kedalam, sehingga menjadi ukuran lebar 2 cm x 8 cm menjadi persegi panjang. Lalu, lipatan persegi panjangnya saling dikaitkan, hingga berbentuk sebuah kreasi kincir angin. Untuk membuat tas jinjing tas dengan ukuran lebar 21 cm x 29 cm dan panjang tali 50 cm dibutuhkan sekitar 260 - 300 bungkus kopi. Beberapa kerajinan yang telali dihasilkan Rosdiana yaitu diantaranya dompet, pembungkus lampu, gorden, tutup galon, tutup kulkas, tikar, tempat laptop, dan tas slempang. Hasil kreasi daur ulang sampah bungkus plastik ini di jual dengan harga Rp. l5 ribu - Rp 100 ribu/buah. Hasil kreasinya itu, ia jual kepada rekan dan warga sekitamya. Kini Rosdiana telah mampu membeli buku pelajaran, transportasi sekolah dan membantu ekonomi keluarga. Hal ini merupakan hal yang sangat bermanfaat bagi anak yang bercita-cita menjadi pengusaha sukses ini.
Setelah membaca serta memahami artikel diatas, anda telah mengetahui tentang pembuatan kerajinan pakai dari limbah. Bungkus kopi yang berukuran kecil dan besar kemudian dipotong oleh Rosdiana sesuai dengan pola dan ukuran yang telah dibuat sebelumnya.

Latihlah pemahaman anda tentang proses produksi kerajinan pakai dengan menyelesaikan kegiatan berikut ini.

Langkah-langkah kegiatan sebagai berikut.

  1. Buatlah kelompok dengan anggota 3-4 orang berdasarkan nomor urut!
  2. Carilah salah satu artikel tentang proses pembuatan kerajinan pakai dari limbah!
  3. Lakukanlah tanya jawabdengan teman dari kelompok lain mengenai proses pembuatan kerajinan pakai dari artikel yang kamu amati!
  4. Carilah informasi lain yang berhubungan dengan artikel yang kamu amati dari berbagai sumber!
  5. Identifikasilahproses pembuatan kerajinan tersebut dan buatlah tahap-tahap pembuatan lengkap dengan pola, keterangan bahan, dan ukuran kerajinan tersebut dengan bahasamu sendiri!
  6. Presentasikanlahhasil kesimpulanmu di depan kelas dengan santun! Gurumu akan menilai dari sikap sosial: disiplin dalam bekerja kelompok, responsif saat mencari data, aspek pengetahuan: ketepatan identifikasi tahap proses produksi, aspek keterampilan: terampil menuliskan tahap proses produksi.
Setelah mengerjakan kegiatan di atas, kamu telah memahami tentang proses produksi kerajinan hias dari limbah dengan baik. Anda juga telah berlatih bekerja dengan jujur dan bertanggung jawab. Perhatikanlah materi berikut untuk memperdalam pengetahuan anda.

Bahan baku limbah yang bisa diubah menjadi kerajinan yang bermacam-macam. Seperti pada pembuatan kerajinan tas dari jeans bekas. Terdapat beberapa tahap yang harus dilakukan dalam proses produksi yaitu pemilihan bahan, penyiapan bahan dan perlengkapan, proses pembuatan, uji coba, danevaluasi.

a. Pemilihan Bahan
Pilih jeans bekas yang masih dalam keadaan baik dan bersih. Warna jeans sesuai dengan yang diinginkan. Sedangkan untuk ketebalan jeans, kamu bisa memilih sesuai dengan mesin jahit, atau jarum yang kamu gunakan.

b. Penyiapan bahan dan perlengkapan
Sebelum digunakan, bersihkan jeans dengan cara mencuci dengan sabun. Hal ini bertujuan untuk membersihkan kuman-kuman yang ada di jeans. Bila perlu gunakan pelembut agar jeans tidak kaku dan sulit dijahit.

c. Proses Pembuatan
Siapkan desain tas yang telah dibuat sebelumnya. Buat pola dan ukuran tas, kemudian potong jeans sesuai dengan desain yang telah dibuat. Untuk merangkai jeans, gunakan teknik jahit mesin atau manual. Untuk mempercantik kerajinan, bisa ditambahkan renda, atau jenis kain lain untuk diaplikasikan.

d. Uji Cob a
Uji coba dilakukan untuk mengetahui kelayakan tas dari jeans bekas. Uji coba dilakukan dengan memeriksa kekuatan jahitan dan kemampuan menampung barang. Kegiatan itu bisa dilakukan sendiri atau dengan meminta bantuan konsumen. Cara lainnya yaitu dengan mengikuti kegiatan pameran produk kerajinan menjadi u'paya untuk melakukan uji coba lapangan.

e. Evaluasi
Berdasarkan uji coba yang dilakukan, maka akan didapat data mengeani respon, kelebihan, maupun kekurangan produk. Data tersebut berfungsi sebagai dasar dari perbaikan dan pengembangan produk.

Membuat Kerajinan Pakai dari Limbah

Jeans bekas merupakan limbah berupa tekstil yang sering dijumpai. Kerajinan pakai bisa diciptakan dari jeans bekas yang ada di lemarimu. Perhatikanlah pembuatan kerajinan tas dari limbah jeans berikut ini.

Tas dari Jeans Bekas dan Perea dengan Teknik Jahit


Alat:
Gunting, jarum jahit, benang, meteran, penggaris,

Bahan:
Jeans bekas, perca batik, magnet.

Tips membuat kreasi jeans bekas:
  • Pilih jeans yang lebih tipis dan lembut agar mudah dijahit.
  • Cuci bersih dan berikan pelembut jeans bekas sebelum dijahit.
  • Cari jeans dengan ukuran yang diinginkan.
  • Gunakan pinggang celana dan tepi jahitan untuk tali tas agar lebih mudah.
  • Bagian yang dapat dimanfaatkan untuk membuat kerajinan pakai dari jeans yaitu antara lain untuk membuat tas, tas laptop, dan dompet.
Langkah pembuatan:

  1. Siapkan celana jeans berkantung. Potong celana sepanjang kantung lalu jahit bagian bawah celana dengan cara membalik celana.
  2. Siapkan bagian dalam tas menggunakan kain perca batik. Potong kain perca sesuai ukuran jeans dan ditambah 3 cm. Jahit perca dari bagian tepi dalam kemudian balik kain.
  3. Masukkan bagian dalam perca pada tas jeans. Kemudian jahit bibir perca pada bibir jeans ke bagian luar.
  4. Buat tali tas dengan memotong perca berukuran sesuai selera. Jahit perca pada tepi bagian dalam lalu dibalik.
  5. Pasang tali dari perca pada kedua sisi tas lalu dijahit. Pasang juga magnet pada bagian dalam tas.
Kerajinan tas berfungsi sebagai wadah dan juga pelengkap busana. Fungsi tas saat ini telah berkembang menjadi produk fashion. Model tas berkembang sesuai seiring dengan perkembangan dunia pakaian. Oleh karena itu pengemasan tas dari limbah sebagai produk fashion dibuat untuk menarik konsumen agar tidak kalah bersaing dengan produk tas yang dijual di toko. Pembuatan kerajinan tas dari limbah jeans tersebut terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja.
  1. Gunakan dan kembalikan gunting, jarum, mesin jahit dengan hati-hati 'dari di tempat yang aman.
  2. Perhatikan kebersihan bahan bekas yang digunakan, hal ini untuk mencegah penyakit yang berasal dari bahan bekas.
  3. Gunakan ruangan yang terang agar pemotongan pola maupun proses menjahit lebih mudah.
  4. Hati-hati dalam menggunakan mesin jahit listrik, aliran listrik yang tidak aman bisa menyebabkan aliran listrik bahkan hingga kebakaran.
  5. Bersikap tenang dan fokus saat memotong pola atau menjahit.

Kerajinan tas merupakan kerajinan yang banyak diminati oleh konsumen. Selain sebagai wadah, tas dari limbah jeans juga memiliki keunikan karena menggunakan bahan yang tidak biasa dan juga hiasan yang diaplikasikan pada tas tersebut. Pada umumnya tas dari limbah jeans banyak diminati oleh remaja. Tas yang unik, sederhana, dan terjangkau akan banyak diminati. Pemasaran tas dari limbah jeans antara lain melalui toko asesoris, pameran kerajinan tangan, dan online shop.
Copyright © Kedambah. All rights reserved.