Tips Presentasi Proposal Usaha Kerajinan Hias

Presentasi Proposal Usaha Kerajinan Hias


Pada bahasan sebelumnya telah diutarakan bagaimana Syarat dan Ketentuan Proposal Usaha, dan pada artikel ini akan menjelaskan tentang Presentasi Proposal Usaha Kerajinan Hias dari Limbah.
Sebagaimana yang telah di ketahui bahwa dalam pembuatan proposal usaha sudah tentu memiliki tujuan, yang mana proposal usaha tersebut dibuat untuk mencari pinjaman dana maupun pencarian investor. Proposal usaha yang telah dibuat dengan memenuhi syarat dan ketentuan selanjutnya diajukan melalui kegiatan yang di sebut dengan presentasi.

Presentasi Proposal Usaha Kerajinan Hias

Tips Keberhasilan Presentasi

Agar anda sukses dan berhasil dalam presentasi proposal usaha atau business plan, coba gunakan tips-tips berikut :
  1. Elevator Pitch; yaitu pembicaraan yang singkat, padat dengan mengutarakan kalimat dan penjelasan yang merangkum inti dari bisnis yang dapat disampaikan dalam waktu 30 detik pertama.
  2. The Problem; menjelaskan tentang permasalahan yang terjadi dengan bahasa yang mudah dipahami, gunakan bahasa yang sederhana. Semakin berat masalah yang dirasakan semakin penting yang harus dipikirkan untuk menemukan cara pemecahannya.
  3. The Solution; Solusi yang ditawarkan sangat penting sekali dijelaskan kepada calon investor. Tunjukanlah solusi yang unik, yang belum dimiliki oleh pesaing bisnis anda. Berikan gambaran bagaimana cara anda dalam memberikan kepuasan pada pelanggan.
  4. Market Size; menunjukkan kepada calon investor seberapa besar pangsa pasar (market size) yang akan dicapai lewat solusi yang Anda berikan. Jelaskan pangsa pasar yang akan anda raih serta besarnya nilai yang akan diraih dari pangsa pasar tersebut terhadap bisnis yang akan dijalankan baik pasar yang besar maupun kecil.
  5. Business Model; menjelaskan bisnis model yang akan dipakai. Bisnis model terbaik yang akan bertahan untuk jangka panjang.
  6. Proprietary Tech; Sebuah usaha yang menjanjikan memiliki keunggulan kompetitif. Keunggulan ini bisa berupa hak paten atas teknologi tertentu, cara pemasaran tertentu, pengalaman yang unik, ataupun penguasaan atas pangsa pasar.
  7. Competition; Usaha yang tidak memiliki pesaing sudah tentu memiliki pangsa pasar yang cukup besar. Buatlah peta persaingan yang ada serta tunjukan bahwa perusahaan Anda lebih baik dan berbeda dengan pesaing.
  8. Marketing Plan; Seorang investor akan tertarik dengan usaha yang memiliki rencana pemasaran yang jelas. Rencan ini mencakup bagaimana usaha yang akan dibangun dapat menjangkau konsumen dengan tepat.
  9. Team; Tim yang kuat adalah personal yang saling berbagi peran dan bagaimana masing-masing anggota tim bisa bekerja secara sinergis bergerak ke arah yang sama untuk mencapai tujuan perusahaan.
  10. Money; tunjukan pada calon investor beberapa penghasilan yang benar-benar dapat diperoleh dari usaha tersebut.
Demikian uraian serta tips untuk Presentasi Proposal Usaha Kerajinan Hias, semoga dengan memakai tip-tips tersebut Anda sukses dan berhasil dalam mencapai tujuan dari Presentasi Anda.
Copyright © Kedambah. All rights reserved.